Wujudkan Air untuk Pesantren Yatim, Pahala Mengalir Sampai Jauh ke Akhirat – Darfathimah
Home / Program / Wujudkan Air untuk Pesantren Yatim, Pahala Mengalir Sampai Jauh ke Akhirat

Wujudkan Air untuk Pesantren Yatim, Pahala Mengalir Sampai Jauh ke Akhirat

Apa yang akan kita lakukan bila kita tinggal di daerah yang sulit mendapatkan akses air bersih?

Pasti, segala upaya akan kita lakukan untuk tetap mendapatkan air bersih. Misalnya, mencari ke daerah lain di mana air bersih mudah didapatkan. Masih relatif ringan bila harus mencari air untuk memenuhi kebutuhan satu rumah, satu keluarga.

Lalu, apa yang akan kita lakukan untuk mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan satu pondok pesantren berisi 40 orang santri yatim?

Inilah yang terjadi di Pondok Pesantren yatim Dar Fathimah (PPY DAFA). PPY DAFA masih kesulitan mendapatkan air bersih yang layak untuk dikonsumsi sesuai standar kesehatan.

Selama ini, sumur yang ada di dalam pondok pesantren mengeluarkan air yang tidak layak konsumsi. Airnya berwarna kuning, bila diendapkan akan berwarna kecoklatan, dan juga sedikit berminyak.

Kondisi air yang penuh karat dan kuning

PPY DAFA  berdiri sejak tahun 2011. Selama ini, kami harus menggunakan air dari sumur tersebut, dengan proses filterisasi sebanyak enam kali terlebih dahulu, sebelum digunakan.

Kondisi filter air yang digunakan saat ini

Sebenarnya, kami sudah mengupayakan beberapa kali pengeboran. Namun, hingga kedalaman 50 meter, air yang diperoleh masih berkualitas kurang bagus.

Kendala yang kami hadapi saat pengeboran adalah tekstur tanah keras, yang sulit ditembus oleh mata bor. Terdapat lapisan batuan yang sulit dipecahkan. Hal ini menyebabkan pipa pralon yang akan dimasukkan lewat lubang yang sudah dibor tersebut menjadi terjepit.

Kami merencanakan upaya pengeboran berikutnya sedalam 120 meter. Saat ini, proses pengeboran untuk mendapatkan air yang layak ini terhenti karena tekendala tekstur tanah yang keras. Dan akan di bor kembali dengan titik yang lain.

Mesin dan alat bor sumur sedang dalam berhenti sementara

Menurut ahli yang kami datangkan, pengeboran ini akan memakan waktu satu bulan dan sudah mulai pengeboran sejak awal bulan Febriuari 2018. Adapun biaya yang dibutuhkan minimal senilai 100 juta rupiah.

PPY DAFA beralamat di Jalan Kolonel Yos Sudarso, Lingkungan IX, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Provinsi  Sumatera Utara.

Sampai saat ini sudah 70 anak yatim di dalam dan di luar asrama yang dibiayai hidupnya oleh PPY DAFA. Biaya hidupnya ditanggung gratis seluruhnya. Mulai dari makan sehari-hari, biaya pendidikan, hingga uang jajan.

InsyaAllah PPY DAFA akan berusaha keras untuk membiayai mereka hingga perguruan tinggi, tentunya berkat doa, dukungan dan bantuan para donatur sekalian.

Santri yatim sedang berwudhu

Para pembaca yang semoga dirahmati Allah, kami mengajak para pembaca sekalian untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, dalam rangka membangun sumur bagi pondok pesantren kami.

Sebagaimana hadits Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam, sedekah air merupakan salah satu sedekah yang utama. Terlebih, pahalanya terus mengalir menjadi milik orang yang membangun sumur, hingga sumur tersebut tak berfungsi lagi.

Dari Anas : Sesungguhnya Sa’id Ubadah datang kepada Nabi SAW, lalu ia berkata : Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, tetapi beliau tidak memberiku wasiat. Apakah bermanfaat bagi dirinya kalau aku mengeluarkan sedekah atas namanya? Nabi bersabda : “ Ya. Dan hendaklah engkau memberikan sedekah dengan air .” ( HR Thabrani)

Jadi, masihkah kita menunggu berfikir panjang untuk “membeli saham” dalam rangka pembangunan sumur di Pondok Pesantren Dar Fathimah?

Para pembaca sekalian, anda pun bisa mengatasnamakan infaq bantuan ini untuk orang tua kita yang sudah meninggal, agar pahala jariyah mengalir untuk mereka.

Sebagaimana kita tahu, orang yang sudah meninggal tidak bisa melakukan amal sholih lagi. Namun, mereka bisa mendapatkan aliran pahala dari tiga hal: Anak yang sholeh, ilmu yang mereka ajarkan, dan amal jariyah. Maka, tidak maukah kita menjadi anak sholeh yang memberikan amal jariyah untuk orang tua kita yang sudah meninggal?

Peluang amal jariyah terbuka di depan mata. Bisa jadi peluang ini milik anda, atau justru diborong oleh dermawan lain. Mari berlomba dalam kebaikan.

Salurkan donasi anda ke rekening:
Bank Syariah Mandiri No. 7788200018 an. Yayasan yatim dar fatimah
Info dan Konfirmasi ke 082280676041 (WA)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *